Jumat, 23 September 2011

pembelahan sel


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa  yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan tugas ini dapat diselesaikan.
Tugas ini disusun untuk diajukan sebagai tugas mata kuliah Dasar Ilmu Tanamandengan materi “Pembelahan Sel” di Fakultas Pertanian Unpad.
Terima kasih disampaikan kepada Ibu Deni Sobardini S, Dra M.S selaku Dosen Dasar Ilmu Tanaman yang membimbing kami dan memberikan mata kuliah tersebut demi kelancaran belajar kami.
Demikianlah tugas ini disusun semoga bermanfaat, agar dapat memenuhi tugas mata kuliah Dasar Ilmu Tanaman.


                                                                                                                        Jatinangor 2011

                Penyusun






A. Pendahuluan
          Kemampuan organism untukmemperbanyak diri merupakan salah satu ciri yang membedakan organism hidup dari benda mati. Setiap organism terdiri dari sel-sel. Setiap sel berasal dari sebuah sel . keberlanjutan dari kehidupan organisme berdasar pada keberlanjutan pembelahan sel .
           Proses pembelahan sel merupakan bagian yang integral dari siklus sel.siklus sel yaitu kehidupan sebuah sel semenjak sel itu terbentuk dari pembelahan sel juga memungkinkan sebuah sel tunggal berupa zigot , yaitu sebuah sel telur yang telah di buahi , untuk tumbuh dan berkembang menjadi suatu organisme baru.
           Apabila sebuah organisme uniseluler membelah secara mitosis menjadi dua sel anak, maka masing-masing sel anak tersebut merupakan individu organisme tersebut.walaupun suatu organisme multiseluler pertumbuhannya sudah maksimum, pembelahan secara mitosis akan terus berlanjut untuk memperbaharui, memperbaiki atau mengganti sel-sel yang rusak atau mati.
          Pembelahan sel secara mitosis mencakup proses penggandaan materi informasi gen yang identik, yaitu DNA dan kromosom , serta pendistribusiannya kedua sel anak yang terbentuk. Pembelahan sel secara meiosis mereduksi jumlah sel alat kelamin yang diploid menjadi 4 sel kelamin yang haploid .
          Agar pembelahan sel dapat di pahami dalam kaitan nya dengan pertumbuhan ,perkembangan dan reproduksi tanaman , maka perlu di kaji pengetahuan tentang proses pembelahan sel secara amitosis , mitosis, meiosis. Penyimpangan mitosis , perubahan kariotipe dan polipploidi.   




B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dibuatnya makalah ini untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Dasar Ilmu Tanaman, juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan kami.
C. Sub materi pembelajaran
1.     Definisi, proses dan fungsi pembelahan sel secara amitosis,mitosis dan meiosis
2.     Penyimpangan mitosis
3.     Kariotipe dan perubahan kariotipe
4.     Poliploidi

Pertanyaan dan Jawaban
1.       Jelaskan perbedaan secara garis besar antara amitosis, mitosis, dan meiosis !
Jawab:
Amitosis (Fragmentasi)
-          Pembelahan sel secara langsung yang menghasilkan dua sel anak atau lebih yang sifatnya belum tentu sama dengan induknya.
-          Inti sel langsung membelah menjadi dua bagian atau lebih yang:
       Belum tentu sama ukuran besarnya
       Belum tentu sama sifatnya
Contoh:           Ganggang perang (Phaeophyceae)
                       Ganggang hara (Charophyceae)
                       Lili-lilian (Lliliaceae)
Mitosis (Homoiotypic division)
-          Pembelahan inti sel secara tak langsung, terjadi pada sel-sel somatis yang menghasilkan dua inti sel anak yang sifatnya persis sama dengan sifat inti sel induknya
Meiosis (Heterotypic division)
-          Pembelahan inti sel secara tak langsung, terjadi pada sel-sel alat kelamin yang menghasilkan 4 inti sel anak yang memiliki jumlah sel kromosom setengah jumlah sel kromosom induknya.

2.       Sebutkan 9 fase dari mitosis secara berurutan !
Jawab :
a.       Interfase
b.      Profase awal
c.       Profase akhir
d.      Metafase awal
e.      Metafase akhir
f.        Anafase awal
g.       Anafase akhir
h.      Telofase awal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar