Jumat, 18 Mei 2012

penegenalan tanaman dan tumbuhan

BAB I
PENDAHULUAN

Kehidupan makhluk hidup tidak akan pernah lepas dari tumbuhan dan tanaman. Hal ini disebabkan karena adanya kesinambungan antara tumbuhan dengan keberlangsungan hidup makhluk hidup yang lainnya. Hal ini yang menjadi alasan dasar mengapa tumbuhan memiliki peranan penting bagi kehidupan.
Tumbuhan dan tanaman dibagi menjadi dua konsep dasar yang berbeda. Tumbuhan dikategorikan sebagain flora asli alami yang masih liar seperti ilalang, gulma, dll yang tumbuh dengan sendirinya. Sedangkan tanaman diartikan sebagai tumbuhan yang telah dibudidayakan oleh manusia dan memiliki nilai guna yang lebih baik, seperti tanaman pangan, tanaman perkebunan, tanaman hias, dll. Namun, pada dasarnya keduanya sama-sama berperan dalam kehidupan.
Tumbuhan dan tanaman membutuhkan makhluk hidup lain dan sebaliknya. Hal ini merupakan akibat dari ciri dasar organisme hidup yaitu bernapas. Hubungan ini akan membentuk siklus kehidupan yang saling berhubungan. Tumbuhan dan tanaman menghasilkan O2 yang dibutuhkan makhluk hidup lain untuk bernapas. Manusia dan hewan mengeluarkan CO2 yang dibutuhkan tumbuhan/tanaman sebagai bahan dasar fotosintesis.








BAB II
PEMBAHASAN


1.      Tanaman / tumbuhan berperan sebagai mesin biologis. Apa yang dimaksud dengan mesin biologis dalam hal ini ? Jelaskan!
Jawab:
Tanaman/tumbuhan berperan sebagai mesin biologis, yaitu untuk menjaga keseimbangan ekosistem di bumi. Dalam siklus hidupnya, makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan) melakukan proses metabolisme. Contohnya, manusia dan hewan melakukan proses respirasi yang mengubah O2 menjadi CO2. Sedangkan tumbuhan dengan proses fotosintesisnya mengubah CO2 menjadi O2. Sehingga satu sama lain menjadi saling ketergantungan. Dan bila salah satunya terganggu, besar kemungkinan dapat mengganggu yang lainnya.

2.      Jelaskan mengenai konsep produksi tanaman!
Jawab:
Konsep produksi tanaman berupa proses fotosintesis. Fotosintesis merupakan konversi bahan baku atau input produksi berupa CO2 dari atmosfer, H2O dari dalam tanah melalui akar dan unsure hara dengan bantuan energi radiasi matahari yang berlangsung dalam klorofil disertai proses respirasi dalam mengakumulasi fotosintesis yang berupa senyawa bahan organic dalam bentuk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Reaksi Fotosintesis:
     klorofil
CO2 + H2O                              C6H12O6 + O2
Cahaya matahari

3.      Jelaskan minimal 5 peranan tumbuhan bagi manusia!
Jawab:
a.       Tumbuhan sebagai sumber sandang, pangan, dan papan
Contohnya: kapas untuk bahan baku benang, beras sebagai sumber bahan makanan pokok, kayu untuk bahan baku bangunan.
b.      Tumbuhan sebagai penghasil oksigen bagi manusia
Tumbuhan menghasilkan O2 melalui proses fotosintesis.
c.       Tumbuhan sebagai bahan obat-obatan alami
Contohnya: Jahe dan temulawak digunakan sebagai obat-obatan.
d.      Tumbuhan sebagai objek sumber mata pencaharian
Tanaman hias dapat dijadikan sebagai mata pencaharian, karena tumbuhan/tanaman memiliki nilai ekonomis yang tinggi.
e.       Tumbuhan sebagai pencegah terjadinya bencana alam
Tumbuhan menjadi pencegah terjadinya banjir, erosi, dan tanah longsor. Akar-akar pada tumbuhan menyerap air dan mengurangi laju derasnya air yang turun dari lereng-lereng gunung atau dataran tinggi.

4.      Apa yang dimaksud metabolisme pada tumbuhan? Jelaskan!
Jawab:
Metabolisme adalah proses perubahan kimia dan energi yang berlangsung di dalam tumbuhan yang bertujuan dalam pengaturan sumber daya materi dan energi dengan bantuan enzim. Metabolisme pada tumbuhan terbagi menjadi dua macam, yaitu :
a.       Anabolisme
Penyusunan zat dari senyawa sederhana menjadi senyawa kompleks.
Contoh: sintesis protein, fotosintesis, sintesis lemak
b.      Katabolisme
Pembongkaran zat dari senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana
Contoh: respirasi, fermentasi, katabolisme karbohidrat

5.      Apa perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan? Jelaskan!
Jawab:
Pertumbuhan merupakan suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irriversibel, yaitu tidak dapat kembali ke bentuk semula, bersifat kuantitatif. Contoh: pertambahan protoplasma , ukuran organ tanaman atau berat kering.
Perkembangan merupakan suatu proses menuju keadaan dewasa yang diawali dengan peristiwa diferensiasi dan bersifat kualitatif. Proses ini mengakibatkan tampaknya perbedaan struktur dan fungsi masing-masing organ, sehingga perubahan yang terjadi pada organisme tersebut semakin kompleks. Contoh: munculnya bunga pada tumbuhan.

























BAB III
PENUTUP
Tumbuhan dan tanaman memiliki peranan yang sangat penting dalam siklus kehidupan makhluk hidup melalui proses fotosintesis. Tumbuhan dan tanaman berperan sebagai mesin biologis karena memiliki klorofil yang dapat mendaur ulang CO2 menjadi O2. Sehingga makhluk hidup dapat menghirup oksigen tersebut dan mengeluarkannya menjadi CO2. Hal ini berlangsung secara terus-menerus dan menjadi siklus yang berkaitan satu sama lain.

















DAFTAR PUSTAKA

Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Biologi Jilid 3A. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar